Home / Artikel / RSU Dunda Sosialisasi Penanggulangan DBD

RSU Dunda Sosialisasi Penanggulangan DBD

LIMBOTO – Maraknya Pasien dengan Kasus Demam Berdarah di RS MM Dunda Limboto membuat tim PKRS mengambil inisiatif untuk mengadakan penyuluhan tentang Penyakit Demam Berdarah, Penyuluhan dilakukan kepada para Pasien dan pengunjung RS MM Dunda Limboto di Ruang Tunggu Poliklinik, Selasa (22/01/2018).

Menurut Dr Rohmatyah Suaib yang panggilan akrabnya dr Tyah ini menyampaikan penyakit Demam Berdarah adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes Albopictus betina yang umumnya menyerang pada musim kemarau dan musim hujan, yang telah terkontaminasi dengan virus demam berdarah dengue. Virus tersebut menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan pendarahan, nyamuk Aedes aegypti ini mengigit pada pagi hari dan sore hari.

Lanjut dr Tyah, pemicu Demam Berdarah adalah faktor lingkungan yang kurang bersih bisa menjadi sarang nyamuk tinggal sehingga lebih mudah nyamuk untuk menggigit, gejala Demam Berdarah dapat dilihat dari beberapa indikasi antara lain panas tinggi yang bisa mencapai 41 derajat, tubuh menggigil, nyeri otot.

Dikesempatan samaKasubag PKRS Dunda Limboto Nurkemala Tahir SKM mengatakan  untuk mencegah dan menghindari mari kita melakukan tindakan preventif dengan 3 M, Menguras, Menutup,  Mengubur. selanjutnya kata kasubag PKRS, voging bukanlah langkah untuk mencegah kalau tidak dengan mendahului memberantas  sarang nyamuk, tutup Nurkemala ( Humas RS)

About Yacob Mege

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.