RS DUNDA – Workshop perhitungan unit coas pelayanan rumah sakit bertempat di Maqna Hotel Gorontalo, dibuka Sektretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah Tayeb. MM berlangsung selam tiga hari dari tangga 3-5 september 2019 Selasa (03/09).

Sekda Hadijah mengharapakan kegiatan ini dapat memperbaiki pelayanan yang ada dirumah sakit dan mampu memberikan kepuasan yang maksimal kepada masyarakat.

Workshop yang dihadiri oleh peserta yang bukan hanya dari Rumah Sakit Umum Daerah yang ada di Provinsi Gorontalo tetapi juga dari luar Gorontalo seperti Kotamubagu hadir untuk bergabung dalam kegiatan kali ini.

Kegiatan ini mendatangkan seorang dokter dari Jakarta yang merupakan salah satu pengajar di Universitas Indonesia untuk membimbing dan memberikan arahan bagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ada di  Provinsi Gorontalo.

Dengan adanya workshop ini maka dapat menetapkan setiap pelayanan berdasarkan perhitungan yang real dengan harapan Rumah Sakit akan lebih baik lagi. Selain itu juga diharapkan dapat memperbaiki pelayanan yang ada dirumah sakit dan akan memberikan kepuasan yang maksimal kepada masyarakat.

“Dengan pelayanan yang baik, rumah sakit yang bersih dan manajemen yang baik dari awal pasien diterima maka itu sudah sebagian dari  kesembuhan. Selain itu akan memberikan sugesti kesembuhan bagi pasien dan pasien keluar dengan senang dan merasa puas dilayani maka inilah tujuan utama kami selaku pemerintah daerah” Ujar Hadijah.

Kegiatan Worksop ini mengajarkan kita untuk mampu menentukan satu harga dari setiap pelayanan dan harga tersebut tidak sembarang menghitung tetapi semua tergantung dari tindakan didalamnya dan  semua hal yang terkait harus dihitung berapa nilainya sehingga didalam menetapkan harga dari satu pelayanan medis itu akurat dengan demikian rumah sakit akan maju.

“Karena jika kita tidak menghitung atas dasar per unit ini per setiap item cost yang keluar maka bisa saja kita merugi. Oleh sebab itu untuk menciptakan satu pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dengan nilai yang murah dengan harga yang murah dan juga tidak merugikan semua pelayanan yang ada dirumah sakit misalnya dokternya, perawatnya, petugas administrasi, semuanya akan dihitung” Tambah hadijah.

Sementara itu Direktur RSUD MM Dunda Limboto dr. Moh. Natsir. Abdul mengatakan Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman atas perhitungan unit cost dan mampu memerhitungkan unit cost setiap jenis layanan rumah sakit.

Mampu meyusun pengeluaran biaya yang efesien serta mampu melakukan evaluasi terhadap kinerja rumah sakit pelayanan maupun keuangan” pungkasnya. (pkrs/hms)

About Yacob Mege

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.